MPLS dengan Tema Pancasila Sebagai Wujud Kemandirian

SIDOARJO — SMKN 3 Buduran memulai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada 15 Juli 2024 yang akan berlangsung hingga 19 Juli 2024. Kegiatan yang diikuti oleh 497 siswa baru ini mengusung tema “Semangat Pancasila Sebagai Wujud Kemandirian Peserta Didik Yang Berkarakter Unggul”.

Wakil Kepala Bidang Humas SMKN 3 Buduran Hery Aprianato,ST menjelaskan bahwa MPLS tahun ini diperkaya dengan berbagai kegiatan yang mendukung penguatan pendidikan karakter P5.

Bentuk kegiatan utamanya adalah 4 pilar sebagai wujud wawasan kebangsaan bela negara yang meliputi Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bhinneka Tunggal Ika, dan Pancasila.

Kegiatan ini akan difokuskan pada peningkatan kedisiplinan, Pemeriksaan kelengkapan atribut sekolah, dan ketahanan fisik yang diberikan oleh anggota TNI AL dari Brigif II Marinir Gedangan.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang berdisiplin, bertanggung jawab, dan memiliki wawasan kebangsaan yang kuat.

“Materi Pancasila diaplikasikan baik melalui visualisasi ataupun pembelajaran klasikal seperti penggunaan poster-poster yang terkait dengan karakter P5 yang dipajang di seluruh lingkungan sekolah,” ujar Hery .

Selain itu, SMKN 3 Buduran juga mengadakan workshop SMK Pusat Keunggulan yang memberikan pelatihan kepada para guru mengenai cara mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5).

Workshop ini diharapkan dapat diterapkan dalam kegiatan kesiswaan untuk memperkuat profil P5.

Rini Dwi Puspita, panitia MPLS SMKN 3 Buduran, menambahkan bahwa kegiatan MPLS tahun ini memiliki beberapa perbedaan dibanding tahun sebelumnya. Fokus utama tahun ini adalah penggerakan nilai-nilai karakter melalui P5.

Para siswa juga diberikan pelatihan kewirausahaan agar tidak hanya terampil di bidang akademik tetapi juga mampu berwirausaha.

“Selain pendidikan karakter, kami juga memberikan pembinaan mental untuk menjaga hidup bersih dan sehat. Salah satu materi tambahan adalah pembinaan karakter siswa yang mengacu pada P5,” tambah Rini.

Share the Post: